Tips Memilih Antena TV Digital yang Cocok dengan TV Anda

pasang antena TV

Vousic – Sebuah perangkat televisi tidak akan berfungsi tanpa antena. Nah saat ini pemerintah merilis kebijakan migrasi dari antenna analog ke antena digital, so Anda dan semua orang pasti kini sedang mencari antena TV digital terbaik. Ada banyak merk dan model yang tersedia di pasaran dan kami akan memberikan tipsnya sebelum Anda membeli.

Bila Anda belum tahu, antena TV digital tentu berbeda dengan antena TV analog sebab fungsinya adalah mencari dan menangkap sinyal digital. Tayangan TV digital dianggap lebih jernih dan suaranya lebih jelas. Di samping itu, kelebihan antena TV digital adalah area jangkauannya yang lebih luas dari antena analog. Saluran televisi yang ditangkap bisa lebih banyak dan dua jenis frekuensi juga bisa ditangkap, yaitu VHF dan UHF.

Cara Memilih Antena TV Digital yang Baik

pasang antena TV
Sumber: merkbagus.id

Pilih jenis antena sesuai kebutuhan

Ada dua jenis antena TV digital yang bisa Anda pilih, yaitu antena TV digital indoor dan outdoor. Setiap jenis ada kelebihan dan kekurangannya. Antena indoor yang dipasang di dalam ruangan lebih compact dan mudah pemasangannya. Antena dalam ruangan ini juga mudah dipindah-pindah posisi sesuai kebutuhan.

Anda hanya harus pandai-pandai mengatur posisi antena jenis ini karena terkadang sulit menentukan posisi ideal yang bisa menangkap semua saluran TV dengan jernih. Kekurangan lainnya adalah kabelnya lebih pendek.

Yang kedua adalah antena TV digital outdoor yang pastinya bisa menangkap lebih banyak channel TV dengan gambar yang lebih jelas. Dan Anda juga tidak perlu berkali-kali mengatur posisi karena letaknya di atas atap sudah cukup tinggi dan ideal untuk mencari sinyal.

Hanya saja, pemasangannya sedikit susah. Jika Anda tidak berpengalaman atau takut ketinggian, Anda bisa minta tolong orang lain yang sudah terbiasa dan ahli pasang antena TV. Antena ini harus dipasang dengan kuat agar tidak mudah goyang ketika diterpa angin kencang. Anda juga butuh kabel yang panjang untuk menyambungkannya ke TV di dalam rumah.

Sesuaikan antena dengan TV

Singkatnya, setiap jenis antena TV harus disesuaikan dengan jenis TV Anda agar tangkapan sinyalnya lebih efisien, gambarnya lebih jernih, dan suaranya lebih jelas.

Untuk TV LED atau LCD yang saat ini menjadi pilihan utama masyarakat, Anda perlu memakai antena besar outdoor agar bisa maksimal dalam menangkap layar. Bukan rahasia lagi bahwa TV jenis ini susah menangkap sinyal, tapi tetap disukai karena layarnya yang tipis, besar, dan punya segudang fitur canggih.

Untuk TV tabung yang lebih jadul dan sudah mulai jarang dipakai orang, antena kecil sudah cukup. Anda bisa pakai antena dalam atau luar. Daya tangkap sinyal TV tabung lebih kuat dan stabil. TV tabung tetap dipakai sebagian masyarakat karena alasan itu, di samping harganya yang lebih murah dan pengoperasiannya yang lebih simpel.

Pakai booster agar lebih jelas

Satu lagi saran kami adalah gunakan booster alias penguat sinyal. Ini adalah alat tambahan yang bisa Anda beli di toko-toko elektronik dengan harga murah, biasanya sekitar 100 ribuan. Booster bisa memperkuat kemampuan antena Anda dalam mencari dan menangkap sinyal, sehingga tayangan TV yang Anda lihat bisa lebih jernih dan jelas.

Biasanya booster paling banyak dipakai di TV LED dan LCD. Jadi kabel televisi dihubungkan dulu ke booster dan kabel booster dihubungkan langsung ke antena. Dengan booster, Anda bisa meningkatkan kualitas tayangan televisi Anda. Silakan dicoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*