Tips Membaca Menjadi Menyenangkan

aplikasi berita terbaik

Vousic – Untuk kamu yang suka membaca buku, pastinya selalu menghabiskan waktu untuk membaca buku hingga berjam-jam seharian. Akan tetapi kebiasaan sering membaca buku itu pasti akan membuat perasaan menjadi bosan atau jenuh. Apalagi jika seseorang yang tidak begitu senang membaca pasti akan merasa jenuh. Nah untuk menghindari bosan dan jenuh saat membaca, kami akan berikan beberapa tips aga membaca menjadi menyenangkan. Simak tipsnya ya !

aplikasi berita terbaik

1. Ditemani segelas kopi atau teh hangat

Kopi adalah teman yang pas saat kamu akan membaca buku. Karena kopi mengandung kafein yang akan membuat kamu tetap fokus ketika membaca setiap kalimat atau kata. Saking populernya kebiasaan membaca sambil meminum kopi, banyak terinspirasi sehingga banyaknya book cafe bermunculan. Book cafe ini ini adalah tempat yang tidak hanya menyediakan minuman seperti kopi, teh atau yang lainnya, cafe ini pun menyediakan buku untuk dipinjam atau dibeli sebagai teman mengopi kamu. Untuk kamu yang kurang menggemari kopi, kamu bisa menggantinya dengan berbagai minuman hangat lainnya seperti teh, coklat, atau susu.

2. Mendengar musik instrumental

Tips kedua yang bisa kamu lakukan yaitu mendengarkan musik instrumental. Cara ini sangat bagus untuk kamu coba karena membuat suasana menjadi hangat dan akan membuat pikiran kamu menjadi relax. kamu tidak perlu khawatir jika mendengarkan musik sambil membaca akan mengganggu konsentrasi, karena menurut penelitian di universitas Stanford, otak yang kita gunakan untuk membaca dan mendengarkan musik instrumental itu berbeda. Akan tetapi hal ini berbeda jika musik yang didengar mengandung lirik sehingga otak kita merespon dua kalimat baik dari membaca dan lirik lagu. Dan yang tidak kalah penting, musik instrumental yang pas juga bisa merelaksasi tubuh dan pikiran kamu sehingga membaca jadi lebih fokus dan menyenangkan.

3. Mengonsumsi snack coklat

Tidak hanya minuman saja, makanan manis juga bisa kamu konsumsi ketika sedang membaca berita, buku, atau novel. Kamu bisa mempersiapkan beberapa makanan ringan yang terbuat dari coklat seperti biskuit, kue, atau roti. Baiknya mengkonsumsi coklat ternyata mempunyai manfaat anti depresi dan menenangkan saraf dalam tubuh loh. Sehingga mengkonsumsi makanan olahan coklat saat membaca akan membuat pikiran kamu lebih tenang dan menikmati setiap lembaran yang kamu baca. Maka dari itu membaca akan lebih menyenangkan dan stress pun hilang.

4. Duduk di kursi santai

Pernahkan kamu menyadari kenapa orang tua jaman dahulu setiap pagi membaca koran berita selalu di tempat duduk yang santai? Bahkan terkadang menyediakan ruangan khusus dengan kursi yang nyaman serta ditemani kopi atau teh di pagi hari?. Duduk di kursi santai bisa menstimulasi otak kamu untuk berpikir lebih jernih. Jadi, jika kamu memiliki tempat duduk yang nyaman seperti kursi santai atau bean bags, mungkin itu bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu membaca apalagi jika kamu mengkases aplikasi berita terbaik IDN Times di PlayStore atau IOS. Disana banyak sekali berita yang bisa kamu baca kapanpun dan dimanapun.

5. Lakukan aktivitas membaca di luar ruangan

Tips terkahir yaitu, jika kamu merasa jenuh atau suntuk membaca didalam rumah, mungkin kamu bisa mencoba membaca buku di luar ruangan misalnya di taman, di pinggir jalan atau dimana pun yang menurut kamu asik untuk membaca. Ini penting agar kamu bisa menciptakan suasana baru saat membaca. Akan tetapi hindari tempat yang sangat ramai dan bising tentu akan membuat membaca kamu menjadi tidak fokus atau kamu bisa menggunakan earphone mendengarkan lagu instrumental sambil membaca.

Itulah beberapa tips agar membaca menjadi lebih menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*