Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Anggaran Biaya Operasional

anggaran biaya operasional

Vousic – Anggaran biaya operasional merupakan biaya yang memang diperlukan untuk menjalankan kegiatan di dalam sebuah proses produksi dengan waktu yang relatif singkat, yaitu kurang dari satu tahun. Contoh dari biaya ini adalah anggaran makan dan air. Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda memerlukan biaya operasional yang perlu untuk dikelola dengan baik supaya bisnis berjalan dengan lancar.

anggaran biaya operasional

Pengertian

Biaya operasional terdiri atas dana yang dibutuhkan dalam melakukan operasi sehari-hari, tidak sepenuhnya membedakan dari biaya bisnis lainnya. Ketika memikirkan biaya operasional, maka muncul pemikiran tentang apa yang diperlukan demi menyalakan lampu di gudang atau kantor.

Selain itu, jenis biaya ini termasuk juga pembayaran sewa, gaji karyawan, perlengkapan kantor, biaya utilitas, serta biaya bank. Selain itu, ada pula kemungkinan biaya hukum atau biaya akuntansi, biaya perjalanan, biaya pemasaran dan penjualan, dan juga biaya hiburan.

Tujuan

Tujuan dari biaya operasional adalah mengelola sumber ekonomi milik perusahaan dalam menjalankan aktivitas. Sehingga, dapat menghasilkan dan mempertahankan pendapatan. Contoh dari biaya operasional adalah biaya makan, listrik, gaji pegawai, biaya obat, dan lain sebagainya.

Manfaat

1. Sebagai Pengawasan

Hasil dari perhitungan biaya operasional digunakan pada perencanaan anggaran. Selain itu, digunakan dalam pencatatan biaya, sehingga bisa digunakan untuk mengawasi aktivitas dalam berbisnis dengan baik.

2. Membantu Menentukan Harga

Di dalam merencanakan suatu anggaran, biaya dan harga yang ditentukan nantinya akan mempengaruhi manajemen dalam membuat strategi harga. Oleh karena itu, perhitungan dalam biaya operasional ikut membantu dalam hal penentuan harga.

3. Menghitung Rugi

Dalam berbisnis, tentu saja Anda ingin mendapatkan keuntungan. Untuk itu, diperlukan biaya operasional untuk memperhitungkan jumlah kerugian yang bisa saja Anda dapatkan. Kerugian bisa didapatkan dengan menghitung antara biaya operasional dengan penghasilan atau hasil penjualan.

4. Pertimbangan dalam Pengambilan Keputusan

Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, maka tidak lepas dari pengambilan keputusan. Sehingga, dengan adanya biaya operasional bisa dijadikan sebagai pertimbangan supaya bisnis tetap berjalan dengan lancar.

Demikian pengertian, tujuan, dan manfaat dari anggaran biaya operasional yang wajib Anda ketahui, terutama bagi para pelaku bisnis. Ternyata, terdapat berbagai manfaat dari adanya biaya operasional dengan kelancaran bisnis Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*