Obat Mual Muntah Berdasarkan Penyebabnya

obat mual muntah

Vousic – Mual dan Muntah merupakan salah satu keluhan kesehatan yang sering terjadi dan banyak dialami, baik oleh anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Muntah banyak disebabkan karena banyak hal, mulai dari makanan yang dikonsumsi, bakteri yang masuk melalui udara atau yang lainnya. Sehingga obat mual muntah terpercaya resep dokter juga beragam.

Obat mual muntah juga dapat digunakan untuk pengobatan mual atau muntah yang disebabkan oleh obat lain seperti anesti untuk obat kemoterapi atau operasi. Obat muntah aksi cepat manapun yang Anda pilih, obat tersebut bekerja untuk memblokir kerja saraf pada otak dan system pencernaan yang terlibat dalam reflex terjadinya muntah.

obat mual muntah

Beberapa Pilihan Obat Mual Berdasarkan Penyebabnya

1. Obat Mual Untuk Muntaber

Penyakit muntaber (gastroenteritis alias flu perut) memerlukan obat mual untuk menghilangkan gejalanya. Obat untuk muntaber dapat Anda beli di Apotek, seperti dextrose (Nauzene), asam fosfat (Emitrol), natrium sitrat atau bismuth subsalicylate (Pepto-Bismol). Obat-obatan tersebut untuk membantu meredakan sakit perut saat tubuh berjuang melawan infeksi.

2. Obat Mual Saat Hamil

Mual muntah yang diakibatkan hiperemesis dan gravidarum atau morning sickness dapat diatasi dengan obat mual seperti dimenhydrinate (Dramamine), prometazin (Pentazina), prochlorperazine (Compazine) dan vitamin B6.

3. Obat Mual Untuk Kemoterapi

Mual atau muntah merupakan efek samping umum saat menjalani kemoterapi. Dokter mungkin akan memberikan resep obat mual muntah yang digunakan sebelum dan sesudah kemoterapi. Hal itu bertujuan untuk menghindari atau meringankan gejalanya.

Berbagi jenis obat mual muntah yang biasa digunakan untuk pasien yang menjalani kemoterapi antara lain:

  • Penghambat reseptor serotonin, seperti granisetron (Kytril, Sancuso), dolasetron (Anzemet), ondansetron (Zofran, Zuplenz) dan palonosetron (Aloxi).
  • Penghambat reseptor dopamine, seperti proclorperazine (Campazine), olanzapine (Zyprexa)
  • Penghambat reseptor NKI, seperti aprepitant (Emend), rolapitant (Varubi).
  • Kortikosterol seperti dexamethasone (DexPak).

4. Obat Mual dan Muntah Setelah Operasi

Muases operal dan muntah yang terjadi setelah operasi disebabkan karena anestesi yang digunakan selama proses operasi. Obat mualdan muntah untuk kondisi ini, antara lain:

  • Penghambat reseptor serotin seperti granisetron, dolasetron dan ondansetron (Zofran).
  • Penghambat rsesptor dopamine seperti metoclopramide (Reglan), domperindo, droperidol (inapsine).
  • Kortikosteroid seperti dexamethasone.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*