Mengenal Manfaat MPASI 9 Bulan Untuk Bayi Anda

mpasi 9 bulan

Vousic – Bagi seorang ibu, tentu MPASI adalah salah satu hal yang sangat familiar dan sudah diketahui. Ya, MPASI adalah makanan penunjang ASI yang diberikan kepada bayi. Dengan pemberian ini, maka ibu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Sebagaimana diketahui bahwa bayi selalu bertumbuh dan membutuhkan makanan yang lebih. Oleh karena itu, MPASI 9 bulan menjadi hal penting untuk diperhatikan.

Hanya saja, ada beberapa orang tua yang belum terlalu memahami MPASI secara menyeluruh. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal mengenai manfaat dari MPASI untuk bayi. Dengan mengetahui manfaat dari MPASI tersebut, tentu saja Anda akan menyadari bahwa makanan ini penting untuk menunjang kesehatan bayi.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari jenis makanan ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

mpasi 9 bulan

Ragam Manfaat MPASI Untuk Bayi

Ada cukup banyak manfaat MPASI 9 bulan yang bisa menjadi alasan kenapa Anda harus memberikan makanan ini pada bayi Anda. Adapun beberapa manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Memaksimalkan perkembangan otak

Hal pertama yang menjadi manfaat dari MPASI adalah masalah perkembangan otak. Dalam hal ini, bayi membutuhkan makanan yang bergizi agar perkembangan otak dan kecerdasannya menjadi lebih maksimal. Nutrisi yang cukup tentu saja akan membuat bayi juga akan lebih cepat untuk memahami sesuatu.

Berkenaan dengan usaha memaksimalkan perkembangan otak, ada beberapa nutrisi dari makanan yang sebaiknya menjadi menu MPASI. Adapun beberapa nutrisi dan menu tersebut adalah sebagai berikut:

  • Zat besi ada pada bayam
  • Omega-3 ada pada ikan yang memiliki lemak
  • Vitamin C ada pada jeruk, jambu, semangka, brokoli dan tomat
  • Iodine ada pada telur dan ikan laut
  • Antioksidan ada pada apel

2. Menguatkan tulang

Manfaat lain dari MPASI adalah menguatkan tulang bayi Anda. Tulang bayi akan senantiasa tumbuh dari waktu dan waktu yang akan sangat berpengaruh pada perkembangannya secara umum. Oleh karena itu, demi penguatan tulang yang sempurna, maka MPASI harus diberikan.

Nah, untuk menu MPASI 9 bulan yang bisa diandalkan guna meningkatkan kekuatan tulang dan mendukung perkembangan bayi, ada beberapa jenis makanan yang bisa diberikan. Beberapa makanan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kalsium dan magnesium didapatkan dari susu, brokoli, buncis dan kacang kedelai
  • Vitamin D didapatkan dari ikan dan telur
  • Fosfor didapatkan dari kacang-kacangan, ikan, gandum, susu dan daging

3. Pertumbuhan gigi yang baik

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam perkembangan bayi adalah pertumbuhan gigi. Ini menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang ibu. Nah, MPASI adalah salah satu makanan terbaik untuk menunjang pertumbuhan gigi bayi yang baik.

Untuk menu MPASI tersebut, ada beberapa makanan dengan beragam kandungan terbaiknya yang bisa diberikan. Beberapa makanan dan kandungan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Fosfor didapatkan dari susu, cereal, telur, biji-bijian, gandum dan yogurt
  • Magnesium didapatkan dari sayuran berwarna hijau, kacang kedelai, oatmeal serta pisang

4. Kemampuan menggenggam

Manfaat lain dari pemberian MPASI adalah makanan ini bisa menunjang kemampuan menggenggam bayi. Nah, untuk meningkatkan kemampuan ini, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang ibu. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Jangan meninggalkan benda berukuran kecil karena bisa tertelan bayi
  • Usahakan memotong kuku dengan teratur agar bayi bebas dari kuman

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai manfaat MPASI yang bisa Anda dapatkan. Untuk variasi menu MPASI 9 bulan, Anda bisa mengklik laman https://www.generasimaju.co.id/resep-mpasi-9-bulan. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*