Manfaat Melakukan Puasa Sebelum Menjalani Operasi dengan Dokter Bedah Digestif

dokter bedah disgetif

Vousic – Pencernaan merupakan bagian yang penting di dalam tubuh manusia, organ-orang yang berhubungan di dalam menangani pencernaan ini sendiri juga terbilang banyak, mulai diantaranya adalah mulut, sampai dengan lambung dan juga usus. Kesalahan dalam mengkonsumsi makanan mungkin sering kali menyebabkan Anda mengalami masalah dengan organ pencernaan tersebut bukan, sehingga jika seandainya sudah terjadi hal tersebut, maka mau tidak mau tentunya harus segera menjalani pengobatan, mulai dari konsultasi, mengkonsumsi obat-obatannya hingga melakukan pembedahan jika seandainya ada yang bermasalah di dalam. Khusus untuk membedakan sendiri biasanya akan dipercayakan pada dokter bedah digestif atau yang berhubungan dengan saluran cerna.

dokter bedah disgetif

Seperti yang Anda ketahui bahwa pada dasarnya dokter bedah yang ada di setiap rumah sakit ini spesialisasinya sangatlah banyak untuk setiap kondisi kesehatan yang dimiliki. Cabang-cabangnya sendiri sangatlah beragam sesuai dengan kondisi pasien. Anda yang pada dasarnya memiliki masalah dengan saluran pencernaan ini maka penobatan yang hendaknya dilakukan juga pada bagian khusus, apalagi jika sudah memasuki tahap pembedahan.

Banyak prosedur yang harus dijalani sebelum nantinya melakukan bedah digestif ini sendiri, diantaranya adalah dengan berpuasa. Sebenarnya tidak hanya operasi pencernaan saja yang menganjurkan pasiennya untuk berpuasa terlebih dahulu, melainkan juga jenis operasi yang lainnya. lalu apakah sebenarnya manfaat dari berpuasa sebelum melakukan tindak operasi ini? berikut diantaranya yang wajib Anda ketahui, yaitu:

  1. Untuk mengosongkan sistem pencernaan, karena memang fungsi dari bagian pencernaan ini adalah untuk mencerna makanan, sehingga sudah pasti ada banyak sisa-sisa zat makanan di dalamnya, namun dengan berpuasa hal ini sangat efektif di dalam mengosongkan saluran cerna Anda sehingga jadi bersih sebelum nantinya dioperasi, apalagi operasi yang dilakukan juga pada bagian ini. biasanya pasien diharuskan untuk menjalankan puasa antara 8 hingga 12 jam sebelum prosedur operasi dimulai.
  2. Menghindari muntah ketika proses operasi berlangsung, ketika menjalani operasi dokter memang akan memberikan obat bius, sehingga nantinya pasien tidak akan sadar selama proses operasi dilangsungkan. Hanya saja pasien masih bisa melakukan sesuatu seperti diantaranya adalah batuk bahkan juga muntah, jika seandainya isi di dalam perut ada karena tidak berpuasa sebelumnya, maka resiko untuk bisa muntah juga sangatlah tinggi. Makanan yang nantinya naik ke tenggorokan yang berasal dari sistem pencernaan ini bisa saja nantinya masuk ke saluran yang salah. Seperti diantaranya adalah tenggorokan hingga saluran pernapasan.
  3. Berguna untuk mempermudah operasi yang dilangsungkan dan juga agar hasil yang diterima juga lebih optimal, karena memang pasien tersebut mengikuti apa yang dianjurkan oleh dokter, sehingga kondisi pembedahan juga berlangsung lebih optimal.
  4. Tetap bisa minum, artinya puasa yang dilakukan memang tidak semena-mena tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan dan juga minuman, karena pasien yang akan menjalani operasi ini tetap diperbolehkan untuk minum, bagaimanapun air putih ini memiliki fungsi yang sangat penting di dalam menjaga keseimbangan elektrolit dan juga cegah terjadinya dehidrasi.

Bedah digestif ini sendiri bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari usia anak-anak sampai dengan orang tua sesuai dengan kondisi yang dialami. Ingat masalah kesehatan sebaiknya jangan dibiarkan berlarut-larut, jika sudah mulai merasakan gejala penyakit ada baiknya untuk segera menjalani pengobatan sebelum nantinya kondisi tersebut bertambah serius dan mengancam nyawa Anda, bukan hanya pada masalah pencernaan saja, melainkan juga yang lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*