Manfaat dan Efek Samping Obat Corticosteroid

Manfaat dan Efek Samping Obat Corticosteroid

Vousic – Obat kortikosteroid adalah obat yang mampu mengatasi banyak masalah kesehatan, seperti dexamethasone, prednison, mteilprednisolon, hidrokortison, betametason, dan triamsinolon. Namun demikian, obat ini juga menyembunyikan beberapa efek samping yang perlu Anda waspadai.

Manfaat dan Efek Samping Obat Corticosteroid

Manfaat Kortikosteroid untuk Beragam Masalah Kesehatan

Kortikosteroid sendiri merupakan sekumpulan hormon yang diproduksi di dalam tubuh di kelenjar adrenal yang berada di atas ginjal. Hormon tersebut berperan dalam mengatur metabolime karbohidrat, lemak dan protein, pembentukan tulang, regulasi cairan tubuh, dan sistem pertahanan tubuh.

Sementara itu, obat kortikosteroid digunakan pada penderita yang mengalami gangguan produksi hormon oleh kelenjar adrenal sehingga tubuh kekurangan hormon steroid. Selain itu, obat kortikosteroid juga mengobati keluhan, seperti kulit bengkak, gatal-gatal, kemerahan dari reaksi alergi, flu, pegal-pegal, asma akibat alergi, mata merah, dan masih banyak lagi.

Obat ini tersedia dalam bermacam-macam bentuk, mulai dari corticosteroid nasal spray, tablet, sirup, inhaler, , injeksi, krim, lotion, dan gel. Bagi Anda yang menjalan pengobatan dengan obat kortikosteroid dalam jangka waktu yang lama, maka dokter akan meminta Anda untuk mengatur pola makan, dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Kurangi jumlah garam dan natrium dalam masakan.
  • Hitunglah jumlah kalori dari makanan yang Anda konsumsi agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan.
  • Tambahlah asupan protein dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein.

Efek Samping yang Mungkin Muncul

Penggunaan obat kortikosteroid pada penderita harus dipertimbang dan diberikan dosis yang tepat. Pasalnya, obat ini memiliki banyak efek samping jika digunakan secara sembarangan. Apalagi jika obat ini digunakan selama lebih dari 2 minggu, maka dapat menyebabkan munculnya efek samping yang serius. Itulah sebabnya, kebanyakan obat jenis ini harus melalui resep dokter dan jarang ada yang dijual secara bebas di pasaran.

Berdasarkan HNS, efek samping yang mungkin muncul adalah peningkatan nafsu makan, perubahan mood, sulit tidur, perasaan lemas, tekanan darah rendah, hingga kadar gula rendah. Efek samping yang muncul bergantung pada jenis obat kortikosteroid yang Anda gunakan. Itulah sebabnya, sebelum menggunakan obat ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Bagi Anda yang mencari obat kortikosteroid, Anda dapat menemukannya di Goapotik, salah satunya corticosteroid Nasal Spray Goapotik. Goapotik juga menyediakan beragam jenis obat lainnya, termasuk vometa tablet untuk perut kembung. Ingat, gunakanlah obat tersebut sesuai dengan petunjuk penggunaannya dan konsultasikanlah dengan dokter untuk obat yang membutuhkan resep dokter.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*