Kesalahan Elementer Saat Ambil Kredit Motor Murah Untuk Diwaspadai

kredit motor murah

Vousic – Tidak dimungkiri memang bahwa saat ini, sebagian transaksi penjualan sepeda motor dilakukan dengan cara kredit. Ya, masyarakat menilai bahwa kredit adalah cara yang mudah dan memberikan solusi untuk membantu mereka mendapatkan motor yang diinginkan. Oleh karena itu, kini muncul cukup banyak penyedia kredit motor murah dengan beragam iklan dan layanan yang menarik.

Adanya agen yang menawarkan kredit motor dengan biaya yang murah memang cukup membuat masyarakat terkesan. Hal ini dikarenakan adanya asumsi angsuran yang murah dan tidak mengganggu keuangan mereka. Secara singkat, mereka tidak akan merasa terbebani karena angsuran yang murah tersebut.

Padahal, kredit tetap saja memberikan ikatan. Artinya, Anda yang mengambil kredit akan terikat dengan pihak terkait selama waktu yang sudah disepakati. Selain itu, seringkali, pengambil kredit melakukan beberapa kesalahan elementer yang sebenarnya akan sangat merugikan. Nah, apa saja kesalahan elementer yang dilakukan saat menyetujui kredit motor murah tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

kredit motor murah

1. Tidak menghitung keuangan sendiri

Kesalahan elementer pertama yang dilakukan dan banyak kasus yang muncul adalah tidak menghitung keuangan sendiri. Asumsi bahwa kredit itu mudah dengan angsuran yang ringan telah membutakan nalar. Oleh karena itu, kebanyakan masyarakat langsung saja menyetujui syarat kredit tersebut tanpa berpikir panjang.

Padahal, apa yang harus mereka lakukan pertama kali adalah menghitung keuangan sendiri. Hal ini dikarenakan kredit akan menambah kebutuhan bulanan. Oleh karena itu, jika Anda tidak menghitung keuangan sendiri, lalu bagaimana Anda bisa memastikan bahwa keuangan Anda akan aman setelah mengambil kredit motor.

2. Salah memilih leasing

Memang, pengambilan kredit akan dihubungkan dengan pihak leasing atau penyedia keuangan untuk kredit tersebut. Nah, Anda yang ingin kredit, maka harus berhubungan dengan leasing. Saat ini, ada cukup banyak leasing yang berperan menjadi agen kredit motor murah yang bisa dipertimbangkan untuk dipilih.

Nah, dalam pemilihan leasing, jika Anda memang bulat untuk kredit, maka Anda perlu beberapa pertimbangan sebelum memastikan. Hal ini cukup krusial karena ada banyak kasus yang muncul di mana seseorang salah memilih leasing. Akhirnya, apa yang terjadi adalah ia menderita kerugian dan urusan yang tidak lancar.

3. Memilih jangka waktu kredit paling lama

Sebagian besar mereka yang kredit akan memilih waktu kredit yang paling lama. Hal ini dikarenakan kredit motor paling lama tersebut memberikan besaran angsuran yang paling kecil. Asumsi inilah yang kemudian digunakan dengan maksud agar tidak terlalu berat untuk membayarkan angsurannya setiap bulan.

Padahal, memilih kredit dengan jangka waktu paling lama adalah kesalahan yang besar. Kenapa hal ini merupakan kesalahan? Ada beberapa hal yang harus Anda pahami dari kredit lama ini. Dengan kredit lama, maka tanggungan yang Anda miliki juga akan semakin lama. Selain itu, jika dijumlah, maka harga motor dengan jangka waktu kredit lama akan sangat membengkak dari harga cash.

4. Tidak memperhatikan tanggal pembayaran

Kesalahan lain yang sering terjadi adalah mereka yang mengambil kredit tidak memperhatikan tanggal pembayaran. Ini adalah kesalahan krusial yang amat merugikan. Jika tanggal pembayaran tidak diperhatikan, potensi untuk telat membayar akan semakin besar. Oleh karena itu, mencatat tanggal pembayaran adalah wajib agar Anda bisa bersiap-siap untuk membayar.

Nah, demikian beberapa kesalahan yang sering dilakukan pada saat mengambil kredit motor murah. Selain itu, Anda perlu melihat simulasi kredit seperti di https://www.yamaha-motor.co.id/credit-simulation. sebelum mengambil kredit. Simulasi tersebut akan membantu Anda mengetahui total angsuran yang harus dibayar. Namun, daripada kredit, sebenarnya menabung untuk membeli cash adalah lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*