Ini Dia 5 Manfaat Zat Besi bagi Buah Hati

vitamin zat besi anak

Vousic РZat besi menjadi salah satu zat gizi penting yang akan dibutuhkan oleh anak dalam masa pertumbuhannya. Anak harus mengonsumsi beragam jenis bahan makanan sumber zat besi setiap hari. Selain itu, konsumsi vitamin zat besi anak juga bisa jadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Manfaat Zat Besi

Memangnya apa fungsi penting zat besi bagi tubuh anak? Zat besi ini menjadi salah satu gizi penting yang tak boleh terlewatkan dari pantauan orang tua. Berikut adalah 5 manfaat zat besi bagi tubuh si kecil:

vitamin zat besi anak

1. Meningkatkan Imunitas

Zat besi akan membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga anak tidak mudah terserang penyakit. Zat gizi yang satu ini akan dibutuhkan oleh neutrofil untuk melawan beragam jenis bakteri penyebab penyakit. Jika asupan zat besi pada tubuh anak berkurang maka secara otomatis daya tahan tubuh juga akan menurun dan anak mudah sakit.

2. Mencegah Anemia

Asupan zat besi yang memadai akan membantu tubuh anak terhindar dari penyakit kekurangan darah atau anemia. Diketahui bahwa zat besi memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk sel darah merah. Zat besi akan membentuk hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah tersebut.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Konsumsi makanan sehat dan vitamin zat besi anak ternyata juga bisa mengoptimalkan daya konsentrasi si kecil. Defisiensi zat besi bisa membuat daya konsentrasi anak menurun. Padahal di masa pertumbuhannya anak membutuhkan daya konsentrasi yang baik agar bisa mengeksplorasi banyak hal.

4. Menurunkan Risiko Stunting

Asupan zat besi yang memadai pada tubuh anak akan membantu menurunkan risiko stunting. Stunting menjadi salah satu masalah yang menghantui tahap pertumbuhan dan perkembangan anak. Ini merupakan kondisi kekurangan gizi yang bisa berdampak pada kesehatan tubuh anak untuk jangka panjang.

5. Meningkatkan Metabolisme

Zat besi juga bermanfaat mengoptimalkan metabolisme pada tubuh si kecil. Zat besi memiliki peran dalam pembentukan enzim yang membantu proses pencernaan. Dengan begitu asupan zat besi yang cukup akan membantu mengoptimalkan penyerapan berbagai jenis nutrisi oleh tubuh.

Itulah tadi 5 manfaat penting dari zat besi bagi tubuh anak. Upayakan agar anak selalu mengonsumsi makanan sehat kaya zat besi. Jika perlu berikan pula vitamin zat besi anak demi kesehatan tubuhnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*