Efek Samping Menggunakan Bunga Kitolod Sebagai Obat Mata

bunga kitolod

Vousic – Bunga kitolod menjadi salah satu bunga yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit mata mulai dari mata minus, katarak, dan penyakit mata lainnya. Maka dari itu bunga ini selalu menjadi perbincangan masyarakat. Namun ada yang beranggapan bahwa ini hanyalah sebuah mitos dari zaman dulu.

Bunga kitolod memiliki ukuran yang cukup besar dengan kelopak bunga berwarna putih, batang yang tegak untuk menopang daun dan bunganya, serta bunga berbentuk agak bergerigi dan runcing. Bunga kitolod bahkan bisa mencapai tinggi hingga 60 cm.

Sebenarnya bunga kitolod memang memiliki banyak manfaat hanya saja dapat menyebabkan efek samping ringan hingga serius apabila dikonsumsi atau digunakan dengan cara yang salah dan sembarangan. Tanaman kitolod mudah ditemukan karena merupakan salah satu tanaman liar yang bisa dengan mudah tumbuh di mana saja apalagi di area yang lembab. Tanaman dengan nama ilmiah Isotoma longifora ini bahkan termasuk ke dalam kelompok tanaman obat.

Bunga kitolod termasuk tanaman obat dikarenakan memiliki kandungan isotonik dan lobelin. Bahkan pada bagian daunnya juga mengandung alkaloid, saponin, dan polifenol. Maka dari itu bunga kitolod memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti obat mata minus, katarak, anti kanker, antioksidan, obat asma, meningkatkan sistem imun, dan masih banyak lagi.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Bunga Kitolod

Namun dibalik banyaknya manfaat bunga kitolod, sebenarnya terdapat efek samping yang dihasilkan karena mengonsumsi bunga kitolod dengan cara yang salah dan juga penggunaan yang sembarangan. Jadi sebelum menggunakan bunga kitolod sebagai metode penyembuhan alami, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu efek samping yang bisa disebabkan oleh bunga kitolod dan juga dampak positifnya. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menggunakan bunga kitolod.

bunga kitolod

1. Dapat menyebabkan iritasi

Bunga kitolod dapat menyebabkan iritasi bahkan sudah dialami oleh banyak orang. Banyak yang sering menggunakan kitolod dengan cara diteteskan ke mata secara langsung yang sebenarnya memiliki dampak buruk bagi mata.

Iritasi bisa terjadi dikarenakan air dari bunga kitolod sudah tercampur dengan berbagai macam kuman dan bakteri. Anda bisa segera mencuci mata dengan air bersih apabila sudah terlanjur meneteskannya ke mata.

2. Tidak digunakan sebagai obat utama

Meskipun sudah dianggap sebagai tanaman obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit, ada baiknya untuk tidak menggunakan bunga kitolod sebagai obat utama. Tidak peduli bahwa bunga kitolod merupakan obat alami. Sebaiknya menggunakan bunga kitolod sesekali saja dan tidak sering karena dapat memberikan dampak negatif apabila digunakan terlalu sering dan juga tidak sesuai dengan anjuran.

3. Mitos dapat menyembuhkan penyakit mata

Ini merupakan salah satu mitos yang paling sering menjadi perbincangan masyarakat. Pertanyaan-pertanyaan selalu muncul apakah bunga kitolod benar-benar bisa menyembuhkan berbagai penyakit mata. Namun hingga saat ini masih belum ada yang melakukan penelitan yang dapat membuktikan bahwa bunga kitolod merupakan tanaman obat yang ampuh menyembuhkan penyakit mata tidak peduli apakah itu mata minus, katarak, dan penyakit mata lainnya.

Hingga saat ini penyakit mata hanya bisa disembuhkan dengan cara operasi bahkan masih belum ada obat khusus yang bisa menyembuhkan penyakit mata. Dikarenakan belum ada bukti ilmiah apakah bunga kitolod aman dan bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit mata, maka ada baiknya untuk tidak menggunakannya sembarangan apalagi dalam waktu panjang untuk mencegah terjadinya efek samping yang berbahaya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*