Cara Membuat Donat Kentang Dengan Banyak Variasi Topping

cara membuat donat kentang

Vousic – Donat kentang adalah salah satu cemilan enak yang bisa anda jadikan pilihan untuk dibuat di rumah. Apalagi biaya yang anda keluarkan untuk membuat donat kentang tidak begitu mahal. Maka anda juga bisa menjadikannya ladang usaha. Berbeda dengan donat biasanya, tentu saja donat kentang diberikan kentang ketika proses pembuatannya. Selain itu juga donat kentang memiliki tekstur yang lebih lembut dan empuk. Jadi memang kentang pada donat itu mempunyai fungsi yang melembutkan. Penggunaan kentang akan membuat donat ketika digigit sangat enak. Nah jika anda ingin tahu cara membuat donat kentang dengan banyak variasi topping. Berikut cara membuat donat kentang yang bisa anda buat di rumah dengan mudah.

cara membuat donat kentang

1. Donat kentang Dengan Topping Oreo

Donat kentang dengan topping oreo menjadi kreasi yang sangat istimewa. Bahan-bahan yang diperlukan adalah tepung terigu 600 gram, gula pasir 150 gram, fermipan, telur 4 butir, mentega, dan kentang. Kemudian pilih oreo dengan rasa favorit anda.

Pembuatan donat kentang oreo ini mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Buat adonan dengan memasukkan semua bahannya. Khusu untuk mentega, anda masukkan sekiranya 4 sendok makan. Untuk fermipan anda bisa memasukkan 2 sendok teh. Selanjutnya anda tambahkan kentang juga yang telah anda kukus atau rebus dan dihancurkan. Buat adonan hingga lembut dan anda diamkan selama kueang lebih 1.5 jam. Setelah itu anda bentuk menjadi donat dan goreng hingga kecoklatan. Selanjutnya siapkan oreo pada wadah mangkuk. Setelag itu anda hancurkan dengan sendok. Kemudian setelah itu taruh mentega pada bagian atas donat. Lalu anda taburkan topping oreo pada donat.

2. Donat Kentang Dengan Topping Green Tea

Green tea adalah sajian yang kini sedang banyak digunakan untuk membuat berbagai makanan. Mulai dari kue bolu hingga membuat martabak. Nah green tea yang punya rasa manis dan sedikit pahit. Membuat perpaduan yang lezat. Bahan-bahan yang anda butuhkan untuk membuat donat kentang green tea adalah coklat green tea batangan yang bisa anda dapatkan di swalayan. Selanjutnya siapkan tepung terigu Ā½ kg, gula pasir sekitar 120 gram, ragi 13 gram, kentang kukus 10 buah, telur 3 butir, dan mentega.

Cara membuat donat kentang green tea adalah anda taruh tepung terigu di mangkuk, ambil kuning telurnya saja dan taruh. Lalu masukkan juga gula pasir dan kentang. selanjutnya anda aduk hingga menjadi adonan. Selanjutnya tambahkan ragi dan mentega secukupnya. Lalau diamkan adonan hingga mengembang. Setelah itu anda buat bulat adonan dan dilubangi tengahnya. Goreng adonan di minya panas hingga coklat. Awas gosong jadi harus anda balik-balik. Lalu anda cairkan cokelat green tea pada mangkuk yang ditaruh di panci berisi air yang sedang dimasak. Sebaiknya anda langsung tuangkan pada donat. Jadi cokelat green tea tidak mengeras di mangkuk.

Pilahan topping lainnya yang bisa anda jadikan taburan di atas donat kentang lainnya seperti palm sugar. Palm sugar atau gula palm bisa anda beli di toko kue. Selain itu juga anda bisa membelinya di swalayan. Sudah ada yang berbentuk bubuk. Topping yang menyehatkan juga bisa anda gunakan buah-buahan. Namun topping buah-buahan tentunya enak langsung dimakan. Jadi anda bisa membuatnya dari buah nangka, stroberi atau juga jeruk. Dengan terlebih dahulu donat diberikan madu agar bisa menempel.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*