Berikut ini Beberapa Pertanyaan Saat Hamil Yang Mungkin Merasa Malu Untuk Ditanyakan Ke Dokter

ibu hamil

Vousic – Kehamilan pastinya merupakan sesuatu yang sangat membahagiakan bagi pasangan yang sudah menikah. Dan pada saat hamil, biasanya sang ibu hamil terutama yang baru pertama kalinya hamil akan memiliki banyak pertanyaan seputar kehamilan, apalagi ketika makin mendekati hari persalinan. Akan tetapi, ada banyak pertanyaan yang seringkali urung ditanyakan kepada dokter maupun bidan. Karena ada beberapa pertanyaan yang mungkin agak tabu “malu” untuk menanyakannya, padahal hal ini sebenarnya masalah normal yang sering terjadi pada ibu hamil. Lalu apa saja pertanyaan tersebut? Oleh karena itu, dalam kesempatan kali akan membahas tentang beberapa pertanyaan saat hamil yang mungkin merasa malu untuk ditanyakan kepada dokter/bidan sebagai berikut ini :

ibu hamil

1. Kenapa Saya Mengeluarkan Banyak Cairan Di Vagina?

Perlu diketahui bahwa keluarnya cairan dari vagina ini bisa disebabkan karena kondisi pecah ketuban. Namun pada kondisi lain, dokter/bidan juga bisa mengatakan bahwa hal ini merupakan sesuatu yang normal saja. Hal ini karena ibu hamil mengalami perubahan hormon yang signifikan, ditambah meningkatnya aliran darah ke panggul. Adapun kondisi yang perlu diwaspadai adalah jika keluarnya cairan itu diiringi dengan rasa nyeri, gatal, dan perih. Selain itu, waspadai juga jika diiringi dengan bau busuk atau sangat berair. Hal ini mungkin menunjukkan adanya infeksi di daerah intim wanita.

2. Kenapa Saya Sering Kentut Berbau Tidak Sedap, dan Susah Buang Air Besar?

Sebenarnya masalah ibu hamil ini sangat normal terjadi, karena seiiring menurunnya efesiensi sistem pencernaan di masa kehamilan anda. Selain itu, hal ini juga terjadi karena adanya perubahan hormon pada ibu hamil. Dalam hal ini, sekitar 85% ibu hamil mengalami ketidaknyamanan berupa morning sickness atau mual dan muntah, serta kembung pada awal kehamilan. Jika hal ini dibiarkan saja, maka kondisi yang secara bertahap menjadi refluks asam lambung ini nantinya bisa menjadi gangguan pencernaan, sehingga menyebabkan anda susah untuk buang air besae (sembelit) dan kentu pun berbau busuk. Untuk mengatasi sembelit ini, anda bisa minum air putih yang banyak, mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, sayuran dan buah-buahan. Selain itu, anda juga bisa menggunakan obat pelunak tinja sesuai dengan anjuran dikter jika memang dibutuhkan.

3. Apakah Saya Terlalu Gemuk?

Untuk sebagian ibu hamil, mungkin pertanyaan ini dirasa sangat sensitif sehingga merasa enggan untuk ditanyakan ke dokter atau bidan. Padahal, masalah ini sangat penting untuk didiskusikan karena berat badan merupakan aspek penting untuk kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Maka dari itu, jangan anda merasa malu untuk berkonsultasi tentang masalah ini, seperti berapa berat ideal yang harus anda capai selama masa hamil, dan bagaimana cara mengatasinya jika berat badan kurang atau lebih.

4. Bagaimana Jika Suami Takut Berhubungan Intim Selama Saya Hamil?

Ada sebagian suami yang merasa khawatir untuk melakukan hubungan sex dengan istri yang sedang hamil. Mungkin suami beranggapan bahwa dengan melakukan hubungan sex bisa menyakiti bayi di dalam rahim. Dalam hal ini, konsultasikanlah ke dokter kandungan/bidan soal kapan boleh melakukan hubungan sex dan apakah kandungan anda memiliki risiko terentu sehingga tidak boleh melakukan hubungan sex. Dan jika dokter/bidan menyatakan aman untuk melakukan hubungan sex, maka anda bisa meyakinkan suami untuk tidak takut melakukan hubungan sex selama anda hamil.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang seputar kehamilan, semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*