Benarkah Pembalut Menyebabkan Haid Tidak Teratur?

kalender haid

Vousic – Peran pembalut sangat penting saat haid untuk mencegah darah keluar dan bocor kemana-mana. Namun, ada beberapa pertanyaan seputar pembalut yang berkembang di masyarakat, salah satunya tentang pengaruh pembalut terhadap siklus haid, benarkah demikian? Berikut penjelasannya.

kalender haid

Penyebab Haid Tidak Teratur

Haid merupakan proses luruhnya dinding rahim ketika tidak terjadinya pembuahan. Siklus atau kalender haid tiap wanita memang berbeda-beda, namun umumnya terjadi tiap 21—35 hari dan berlangsung selama 3—7 hari. Jika siklus haid terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, atau bahkan tidak haid sama sekali dalam waktu lama, itu sudah tergolong haid tidak teratur.

Hal ini normal pada 3—5  tahun awal haid, namun jika di luar itu sudah tidak dianggap normal. Penyebab utama haid tidak teratur adalah perubahan hormon. Penyebab terjadinya perubahan hormon juga beragam, seperti kurang asupan gizi, obesitas, aktivitas fisik berat, stres, kekurangan vitamin K, gangguan tiroid, alat kontrasepsi dan penggunaan obat tertentu.

Selain perubahan hormon, haid tidak teratur juga dapat disebabkan oleh gangguan pada organ kandungan, misalnya Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembalut tidak berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Namun beberapa kandungan pembalut dapat menyebabkan masalah pada organ kewanitaan.

Cara Memilih Pembalut

Dalam memilih pembalut selain mempertimbangkan merk pembalut yang aman, Anda juga perlu mempertimbangkan berbagai hal lainnya, yaitu jenis pembalut, daya serap dan kandungannya. Pilihlah jenis pembalut yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar kelembapan organ kewanitaan tetap terjaga.

Perhatikan juga daya serapnya, pastikan pembalut yang dipilih memiliki daya serap yang baik. Pasalnya ketika darah tidak terserap dengan baik akan berpotensi menyebabkan menstruasi retrograde, di mana darah akan masuk kembali ke dalam rahim dan dapat memicu terjadinya penebalan dinding rahim

Terakhir, perhatikan kandungannya,  usahakan untuk memilih pembalut dengan kandungan tambahan yang minim. Pembalut dengan tambahan parfum atau zat herbal yang sering ditemui di pasaran berpotensi menyebabkan iritasi atau alergi yang menyebabkan siklus atau kalender haid tidak teratur.

Nah, dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa pengaruh pembalut terhadap siklus menstruasi tidak signifikan, namun pemilihan pembalut cukup penting untuk mencegah masalah organ kewanitaan. Pilih salah satu merk pembalut yang aman, daya serap maksimal, sirkulasi yang udara baik dan tentunya nyaman digunakan untuk beraktivitas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*