5 Tips Merawat Rambut Kering dan Kusam dengan Mudah

rambut kering

Vousic – Rambut kering dan kusam menjadi salah satu masalah rambut yang dialami oleh banyak orang. Kondisi ini membuat rambut lebih mudah patah sehingga mengurangi keelokan rambut yang Anda miliki. Oleh karena itu, dibutuhkan tips merawat rambut kusam dan kering agar tidak menjadi penghalang bagi kita untuk tampil sempurna.

rambut kering

1. Pilih Produk Rambut secara Tepat

Semakin hari semakin banyak produk perawatan rambut yang bisa Anda pilih. Formulasi yang diberikan pun berbeda-beda sehingga kita bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Pastikan jika Anda memilih berbagai produk perawatan rambut, seperti shampo, gel, kondisioner, masker dan lainnya sesuai jenis dan kondisi rambut.

Bagi Anda yang memiliki rambut cenderung kering, pilihlah produk dengan kadar pH yang rendah agar bisa menjaga kelembapan pada rambut. Produk seperti ini bisa Anda dapatkan dari produk perawatan rambut bayi. Produk ini biasanya mengandung berbagai nutrisi lain, seperti avokad, minyak kelapa, minyak argan dan zaitun.

2. Hindari Mencuci Rambut Terlalu Sering

Keramas menjadi kebutuhan bagi kita untuk menjaga kesehatan rambut. Meski demikian, tidak disarankan bagi Anda untuk keramas terlalu sering agar mendapatkan hasil lebih maksimal. Karena justru, cara ini bisa menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut yang membuatnya menjadi lebih kering.

Rambut yang kering nantinya akan mudah patah dan rontok. Oleh karena itu, keramaslah sesuai dengan kebutuhan. Disarankan untuk keramas setiap 2-3 hari sekali agar minyak alami di rambut tidak hilang. Dengan keramas, maka bisa menghindari terjadinya masalah rambut, seperti kerontokan, kering ataupun ketombe.

3. Jangan Menggosok Rambut

Sebagian besar dari kita sering menggosok rambut ketika mengeringkannya setelah keramas. Padahal, cara ini justru bisa merusak tekstur rambut dan membuatnya lebih mudah patah. Apabila kebiasaan ini terus dilakukan, bisa jadi rambut Anda akan terlihat kusut, pecah-pecah, kasar hingga pada kerusakan yang semakin parah.

Cara yang tepat untuk mengeringkan rambut adalah dengan menempuk-nepukkan handuk pada rambut yang masih basah. Anda juga bisa menggunakan handuk untuk membungkus rambut agar air bisa berkurang. Apabila terburu-buru, Anda bisa menggunakan tisu yang bisa menyerap air dengan mudah dan cepat.

4. Gunakan Masker Rambut

Masker rambut menjadi salah satu perawatan yang bisa Anda pilih untuk rambut kering. Pilihlah bahan-bahan yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan rambut sehingga masalah pada rambut bisa teratasi dengan baik. Gunakan masker ini paling tidak 1-2 kali dalam seminggu.

Tidak harus melulu menggunakan produk dengan kandungan bahan kimia karena sebenarnya banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai masker rambut alami. Misalnya, Anda menggunakan minyak zaitun, madu, santan kelapa atau bahan lain yang berkhasiat untuk mengatasi masalah rambut yang kering.

5. Sisir Rambut secara Teratur

Cara terakhir ini mungkin terkesan lebih sederhana, tapi siapa sangka jika kebiasaan ini bisa menjadi perawatan yang baik. Rambut yang kering disarankan lebih sering disisir dibanding jenis rambut lainnya, terutama pada pagi hari, sore hari dan malam sebelum tidur untuk menjaganya agar tidak kusam dan kering.

Pemilihan sisir yang digunakan juga perlu Anda pertimbangkan karena setiap jenis rambut tidak bisa disamakan. Begitu juga dengan teknik penyisirannya yang harus disesuaikan agar masalah rambut tidak makin parah.

Demikian informasi mengenai tips merawat rambut kering dan kusam dengan cara yang mudah sehingga Anda tidak perlu pergi ke salon karena bisa melakukan tips ini di rumah. Sebagai tambahan, pastikan jika rambut mendapatkan nutrisi yang cukup agar lebih sehat sehingga tidak kusam, kering ataupun masalah rambut yang lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*