5 Cara Kerja Oli Matic Untuk Mesin

Cara kerja oli metic untuk mesin

Vousic – Cara kerja oli matic untuk mesin erat kaitannya dengan transportasi favorit orang-orang masa kini. Kendaraan matic sangat diminati karena tidak memerlukan pemindahan gigi secara manual. Kemudahan yang ditawarkan matic menjadi alasan banyak orang sangat mengandrunginya.

Kendaraan matic juga tidak akan terlepas dari oli mesin dan oli gardan atau transmisi. Memang mobil dan motor matic memiliki dua oli. Namun, keduanya tidak akan bisa dipisahkan. Masing-masing memiliki fungsi dalam membuat kinerja komponen mesin semakin maksimal

Kinerja dari kendaraan matic memang akan sangat berpengaruh terhadap oli yang dipilih. Pastikan anda memilih oli yang sesuai standar dan kualitas yang telah diakui secara nasional dan internasional. pastikan bahwa anda sudah tahu bagaimana cara kerja oli matic untuk mesin.

Cara kerja oli metic untuk mesin

1. Komponen Mesin Dilumasi Secara Menyeluruh

Kinerja mesin yang sangat baik sangat didukung oleh pelumas oli yang sangat memadai. oli matic bekerja dengan cepat untuk melumasi seluruh komponen yang menjadi pengerak mesin mobil atau motor.

Pergesekan setiap mesin juga berasal dari asupan oli yang terus dialiri oleh pelumas kendaraan. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah kavling oli. Kadarluwasa pada oli akan merusak mesin dalam jangka panjang.

2. Membuat Temperatur Mesin Jadi Stabil

Oli mesin yang mengalir di setiap penjuru mesin secara otomatis membuat temperatur mesin stabil. Suhu yang ada di dalam mesin menjadi dingin. Asap yang dikeluarkan kendaraan anda tidak membahayakan

Lain lagi jika kendaraan matic anda jarang diganti oli. Hal itu akan menyebabkan asap hitam yang mengepul. Dampaknya bagi lingkungan juga sebagai polusi. Berbagai sarang penyakit bisa disebabkan oleh asap yang keluar dari knalpot anda.

3. Membuat Perpindahan Gigi Secara Otomatis

Kendaraan matic terkenal dengan perpindahan giginya yang bisa secara otomatis. Tahukah anda bahwa hal itu, karena mesin yang dihantar oleh oli. Sifatnya yang seperti minyak dan kandungan bahan aditif membuatnya bekerja cepat.

Perpindahan gigi secara otomatis tidak bisa terjadi begitu saja tanpa bantuan oli. Jadi anda sudah tahu seberapa penting oli matic ini, apalagi cara kerjanya yang efisien dan ampuh membuat kendaraan jenis matic beroperasi.

4. Membuat Panjang Umur Mesin Kendaraan

Sifatnya yang anti karat, karena kandungan minyak yang melumasi mesin. Tidak hanya itu saja mesin anda akan terjaga dan terlindungi dari debu dan kotoran yang berusaha untuk menempel.

Radikal bebas yang masuk bersama angin, tidak akan bisa menyentuh mesin. Selama anda mengganti oli matic secara rutin. Cara kerja oli mesin yang sangat ampuh dalam menangkal karat membuatnya dapat berumur panjang.

5. Meminimalisir Getaran Pada Kendaraan

Getaran yang ada pada mesin tidak akan terjadi jika anda mengganti oli gardan atau transmisi secara berkala. Kendaraan matic anda tidak akan mampu bekerja maksimal jika warna oli sudah hitam dan kental.

Warna oli yang gelap tadi sangat berpengaruh, karena merupakan tanda bahwa pelumas sudah tidak layak untuk dipakai. Kendaraan anda pun akan mengalami goncangan yang bisa memabukan penghuninya. Sekali lagi, Gantilah oli jika sudah tiba masanya.

5 cara kerja oli matic untuk mesin kendaraan anda membuktikan bahwa ia memiliki peran utama. Pentingnya mengganti oli matic baik itu oli mesin dan gardan secara berkala juga harus anda terapkan. Semua itu demi kebaikan kendaraan kesayangan anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*