Ulasan Seputar Lokasi Terbaik untuk Panjat Tebing dan Manfaatnya

panjat tebing

Vousic – Panjat tebing atau rock climbing merupakan olahraga di alam bebas dan menjadi salah satu kegiatan dari mendaki gunung dengan cara berjalan kaki dengan beberapa menggunakan peralatan dan teknik. Biasanya rock climbing ini dilakukan pada daerah dengan kontur batuan tebing kemiringan 45 derajat dan memiliki tingkat kesulitan sendiri. Saat ini rock climbing difasilitasi dengan adanya tebing buatan dengan beberapa pegangan dari batuan yang kuat dan biasanya berada diluar ruangan. Saat melakukan rock climbing terdapat beberapa peralatan untuk tetap menjamin keselamatan peserta seperti helm untuk terhindar dari benturan, tali kernmantle untuk pengaman pemanjat, sepatu panjat, kantung kapur, sling, full body harness, seat harness, sarung tangan dan masih banyak lagi.

panjat tebing

Sebagai fasilitator penyedia jasa rock climbing maka beberapa peralatan yang diperlukan sudah dapat ditemukan pada situs belanja online terpercaya dengan mudah. Berikut adalah manfaat rock climbing untuk kesehatan diantaranya:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh, karena dibutuhkan ketahanan untuk mampu sampai puncak.
  • Meningkatkan kekuatan tubuh, ketika sudah melakukan secara rutin.
  • Meningkatkan massa otot, karena memerlukan adanya otot yang kuat untuk rock climbing dibutuhkan secara totalitas.
  • Sebagai refreshing, karena dapat mengembalikan mood seseorang.
  • Meningkatkan kinerja pada jantung, karena rock climbing membuat jantung memompa darah ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi darah lancar.
  • Meningkatkan koordinasi pada seluruh tubuh, karena kegiatan ini memerlukan koordinasi pada seluruh tubuh.
  • Meningkatkan fungsi otak, karena saat melakukan kegiatan ini pemanjat perlu mempertimbangkan dan memperhitungkan langkah dan konsentrasi yang perlu diambil.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi jika dilakukan secara rutin.

Selain beberapa diatas, manfaat lainnya adalah menurunkan stress karena akan membuat pemanjat harus fokus. Mampu juga mengatasi phobia untuk phobia ketinggian dari rendah hingga yang paling tinggi secara teratur. Kegiatan ini juga dapat membakar kalori sehingga dapat menurunkan berat badan jika dapat dilakukan secara rutin. Meningkatkan rasa percaya diri akan terus dilatih dan akan meningkatkan konsentrasi yang di tingkat dengan konsumsi air putih dan juga keseimbangan.

Berikut adalah rekomendasi lokasi untuk panjat tebing diantaranya:

  • Tebing Uluwatu di Bali dengan ketinggian sekitar 75 hingga 100 meter dengan tingkat kesulitan pada dinding relief cenderung tajam dan terletak di bibir pantai.
  • Gunung Api Purba di Yogyakarta dengan tingkat kesulitan yang berbeda dan dijadikan tempat pemanjatan untuk pemula.
  • Tebing Citatah di Bandung dengan tiga tebing yaitu Tebing 48, Tebing 90 dan Tebing 125.
  • Tebing Nunggal di Bogor dengan kesulitan yang cukup tinggi dan minim pegangan.
  • Tebing Pantai Siung di Yogyakarta dengan ketinggian 15 meter dan dengan jenis batuan karts dengan pemandangan indah dari atas tebing.

Untuk tempat rock climbing diluar ruangan dan buatan telah disediakan dari beberapa pebisnis dan dipasarkan melalui toko online. Dengan melakukan kegiatan ini maka pemanjat akan mendapatkan banyak manfaat. Terutama dari segi kesehatan dan sangat baik untuk orang yang sangat menyukai olahraga ekstrim. Selain ekstrim, pemanjat dapat menikmati berbagai kondisi outdoor dan alam bebas dengan baik.

Panjat tebing memiliki beberapa teknik seperti face climbing yaitu pemanjatan dengan tonjolan batu, slab climbing dengan gaya gesekan sebagai gaya penumpu. Ada juga fissure climbing dengan celah untuk anggota badan seperti penggunaan teknik jamming, chimneying, bridging, lay back, hand traverse, mantelself. Untuk pemula maka perlu mempelajari teknik untuk mampu melewati berbagai tantangan yang dilakukan dan mampu menghadapi berbagai kondisi rock climbing.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*