Popok Bayi Sekali Pakai Vs Popok Kain, Lebih Baik Mana?

Vousic – Bagi orang tua, mendapatkan seorang bayi merupakan hal terindah dan anugerah yang paling di tunggu-tunggu. Namun meskipun begitu, orang tua juga perlu menyiapkan untuk kelahiran si buat hati bahkan jauh-jauh hari sebelum si kecil lahir. Salah satu hal yang identik dengan bayi dan perlu dipersiapkan adalah penggunaan popok bayi. Ada dua pilihan untuk popok bayi, apakah popok bayi yang sekali pakai atau popok kain yang bisa digunakan berkali-kali, manakah yang lebih baik?

Tentu setiap orang tua menginginkan setiap hal yang terbaik untuk buah hatinya. Termasuk dalam penggunaan popok bayi ini. Antara popok bayi sekali pakai dan popok kain yang bisa digunakan berulang kali memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, bagi orang tua baru pasti akan sedikit membingungkan memilih antara keduanya. Terlebih lagi jika belum pernah membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis popok bayi ini.

Image result for memilih popok bayi

Mothercare juga menyediakan popok bayi mothercare lho bunda dengan pilihan harga dan jenis.

  • Popok Kain

Untuk jenis popok kain, ada berbagai jenis desain serta warna yang menarik untuk bisa bunda pilih. Bahkan sekarang ini ada juga popok kain yang tersedia dengan perekat atau kancing sehingga praktis dan tidak mudah lepas. Bunda bisa sesuaikan bentuk dan ukuran popok bayi dengan bentuk dan ukuran si kecil.  Karena bisa digunakan berulang kali, jadi bisa dikatakan bahwa popok kain ini lebih murah dan ekonomis dibandingkan dengan popok sekali pakai.

Image result for memilih popok bayi

Bahkan bisa lebih muran dan mengurangi pengeluaran lagi karena popok kain ini bisa digunakan nanti untuk anak kedua atau saudara yang membutuhkannya. Selain itu, banyak yang memilih popok kain ini karena jenis popok ini dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak menambah sampah seperti halnya popok sekali pakai. Selain itu , menggunakan popok kain dirasa lebih aman untuk kulit bayi yang sensitif karena popok kain tidak menggunakan bahan-bahan kimia.

Namun meskipun memiliki sederet kelebihan, popok kain ini juga memiliki kekurangan dibandingkan dengan popok sekali pakai. Karena popok kain otomatis popok ini mudah bocor dan harus sering diganti jika si kecil ngompol. Selain itu, popok kain juga mengharuskan bunda mencucinya dan tidak bisa digunakan ketika acara-acara penting yang tidak mungkin bunda harus menggantinya setiap saat.

  • Popok Sekali Pakai

Berbeda dengan popok kain, popok sekali pakai ini lebih praktis karena bisa digunakan dalam waktu yang lama. Popok sekali pakai ini juga menjadi pilihan banyak orang tua karena mudah digunakan dan tidak mudah bocor. Popok sekali pakai ini lebih banyak menyerap cairan jadi meskipun si kecil buang air berkali-kali tidak mudah bocor. Selain itu, sekarang ini popok sekali pakai juga tersedia dalam bentuk celana yang mudah digunakan serta memiliki desain yang tidak kalah dengan popok kain. Dengan adanya gel peresap yang ada membuat kulit bayi tetap kering dan tidak basah.

Gambar terkait

Sedangkan kekurangannya, bunda harus mempersiapkan dana yang lebih besar untuk kebutuhan popok ini karena popok ini tidak bisa bunda cuci dan gunakan berkali-kali. Bunda juga perlu memperhatikan dan memilih popok sekali pakai yang aman digunakan untuk anak karena sekarang ini juga banyak produk popok sekali pakai yang mengandung bahan-bahan kimia.

Itulah kelebihan dan kekurangan popok kain dan popok sekali pakai. Selain popok bayi, bunda juga butuhkan alas ganti popok untuk membantu bunda ketika mengganti popok si kecil. Terimakasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*