Ketahui Jenis Produk Investasi yang Cocok dan Aman

Vousic – Kini banyak orang yang berinvestasi dalam berbagai instrument sekaligus. Mengapa? Karena untuk bisa membagi berbagai risiko yang terdapat di dalam dana investasi yang dikeluarkan. Untuk mengurangi risiko tersebut, maka pilihlah investasi paling aman menurut Anda.

Bagaimana mengetahui investasi tersebut aman dan cocok untuk Anda? Sebelumnya, Anda harus mengenali terlebih dahulu berbagai jenis produk investasi seperti berikut.

Deposito

Deposito adalah bentuk simpanan yang terikat oleh waktu tertentu dan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Dengan deposito, Anda bisa melakukan investasi jangka pendek, maupun jangka panjang karena risikonya sangat rendah. Selain itu, bunga yang diterapkan oleh bank cukup tinggi dan menguntungkan.

Obligasi

Obligasi ialah surat utang yang akan didapatkan sebagai surat bukti atas pemberian sejumlah dana pada perusahaan swasta atau perusahaan negara yang membutuhkan sejumlah dana. Maka, obligasi ini diterbitkan sebagai bukti peminjaman dana dari masyarakat. Di sini, pihak penerbit obligasi akan memberikan sejumlah bunga pada investornya. Biasanya obligasi akan diterbitkan dengan masa peminjaman minimal 5 tahun. Ingin bunga yang lebih besar dari deposito? Obligasi, jawabannya.

Emas

Emas merupakan salah satu investasi favorit bagi kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan emas memiliki risiko yang rendah dan tahan terhadap inflasi. Emas ini bisa dibeli dalam bentuk batangan, koin, juga perhiasan. Selain itu, proses mendapatkannya pun juga mudah. Jika Anda membutuhkan dana dalam keadaan darurat, emas mudah dijual dengan harga yang sesuai saat itu. Dibalik kemudahannya, emas ini berisiko hilang atau dicuri orang.

Properti

Selain emas, investasi dalam bentuk properti juga banyak diminati. Pasalnya, investasi ini selalu mengalami kenaikan harga dan stabil dalam waktu yang panjang. Harga rumah akan selalu mengalami peningkatan dan bahkan jarang mengalami penurunan. Maka banyak orang yang menginvestasikan uangnya dalam bentuk properti. Investasi ini memiliki risiko penurunan harga yang sangat rendah. Namun, tentu Anda akan keluar biaya untuk perawatan properti misalnya kebersihan rumah dan apartemen. Satu hal lagi, mungkin saja Anda akan menemui kesulitan ketika menjualnya saat sedang butuh dana darurat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*